TB Pada Anak

Anakku usia 2 tahun laki-laki. Beberapa minggu yang lalu didiagnosa terkena TB berdasarkan hasil Rontgen dan pemerihsaan hematologi pada darah. Saya pernah menanyakan apakah perlu anak saya di tes Mantoux, supaya mengetahui apakan benar-benar terkena TB atau penyakit lain.

Dokter hanya bilang ” ga usah dari hasil rontgen sama tes darah udah terlihat, kemungkinan besar terkena TB dan harus pengobatan 6 bulan, lagian obat untuk tes Mantoux lagi ga ada da pabrikannya di tempat lain juga kemungkinan ga ada yang bisa tes mantoux karna obatnya ga ada”.

sebenarnya saya ragu dengan ucapan dokter tadi. Saya mencoba ber husnudzon aja lah sama dokternya, semoga dokternya ga punya tujuan yang buruk (simbiosis mutualisme antara dokter dan produsen obat). Saya dikasih resep obat Rimcure Paed dan Curvit sebagai vitamin. Saya coba cari info tentang obat tersebut, ternyata banyak efek sampingnya.

Rifampisin : warna merah pada cairan tubuh, peningkatan enzim hati asimtomatik, peningkatan nitrogen urea darah dan asam urat, hemolisis, hematuria, nefritis, isufisiensi ginjal, gangguan gastrointestinal, gangguan susunan saraf pusat, perubahan hematologi, ruam kulit, kelainan endokrin.

isonicotine hydrazine : gangguan fungsi hati, neuropati perifer, pusing, kepala terasa ringan, perubahan hematologi, reaksi alergi.

pirazinamid : perubahan sementara transaminase serum, hepatotoksisitas, hepatomegali, ikterus, hiperurisemia, nefritis, disuria, gangguan gastrointestinal, perubahan hematologi, reaksi alergi

Baru 5 hari pemberian obat, beberapa efek samping sudah muncul, warna merah pada cairan tubuh (urine), ruam kulit, reaksi alergi. Itu efek samping yang terlihat, saya tidak tau efek samping apa yang sudah muncul di dalam tubuh anak saya.

Saya jadi semakin ragu memberikan anak saya obat ini. setelah saya mencari info lagi tentang efek samping obat tersebut.

hematuria adalah kehadiran sel-sel darah merah (eritrosit) dalam urin

Nefritis adalah kerusakan pada bagian glomerulus ginjal atau peradangan ginjal

insufisiensi ginjal adalah kondisi ketika ginjal tidak lagi berfungsi cukup untuk mempertahankan keadaan normal kesehatan

gangguan gastrointestinal adalah gangguan pencernaan

kelainan endokrin adalah kelainan pada kelenjar penghasil hormon

Neuropati perifer adalah kerusakan sistem saraf tepi yang mengirimkan informasi dari otak dan sumsum tulang untuk setiap bagian dari tubuh.

perubahan sementara transaminase serum atau perubahan enzim (katalisator tubuh)

Hepatotoksisitas adalah istilah yang dipakai untuk menggambarkan kerusakan hati akibat penggunaan obat.

Hepatomegali adalah membesarnya hati melebihi ukurannya yang normal.

Ikterus adalah suatu kondisi medis yang ditandai dengan menguningnya kulit dan sklera (bagian putih pada bola mata)

Hiperurisemia adalah istilah kedokteran yang berarti kondisi kadar asam urat dalam darah melebihi “normal”.

Disuria adalah perasaan nyeri saat kencing.

Kalau melihat ini semua saya jadi merasa memberikan racun ke anak saya sendiri bukannya obat. adakah cara penyembuhan lain yang lebih bersahabat dengan tubuh????